Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma - Renang dan Wisata

Tentang Dunia Renang dan Wisata

Sabtu, 29 April 2023

Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma

 


Untuk anda yang melakukan perjalanan ke jawa tengah anda akan melintasi sebuah rest area yang unik dan bernilai sejarah, yaitu Rest Area Heritage KM 260B yang ada di Brebes Jawa Tengah. Uniknya Rest area ini tidak seperti rest area pada umumnya, karena rest area ini memanfaatkan sebuah bangunan bekas pabrik gula pada jaman kolonial belanda.

Sebagai informasi, sejarahnya, pabrik gula Banjaratma dibangun pada 1908 oleh NV Cultuur Maatschappij, yaitu sebuah perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda. Setelah gulung tikar pada 1997, kompleks pabrik gula yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektare ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Rest area di ruas tol Pemalang-Penjagan ke arah Jakarta, atau berada di KM 260B, Kabupaten Brebes. Nuansa unik dan ikonik karena rest area yang dikenal dengan sebutan “Rest Area Heritage”. Bangunan kuno yang terkesan angker telah disulap menjadi tempat yang asyik. Berbagai fasilitas lengkap, seperti toilet yang bersih, masjid, tempat parkir yang sangat luas.
Banyak UMKM yang menjual berbagai macam produk untuk oleh-oleh dan banyak juga penjual makanan. Selain itu bayak juga wahana bermain untuk anak-anak dan spot-spot menarik untuk berswafoto bersama teman ataupun keluarga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar